Rui Costa Sang Generasi Emas

Rui Costa Sang Generasi Emas

- in Italia, Kompetisi Lain, Sepakbola
150

Masih ingatkah anda dengan salah satu pemain yang berasal dari “generasi emas” timnas Portugal?. Karir sepak bolanya banyak dihabiskan merumput di Liga Italia. Dia adalah Rui Costa, pemain yang mempunyai nama lengkap Rui Manuel César Costa itu adalah legenda bagi 3 tim yang pernah ia bela sepanjang karirnya.

Rui Costa tercium bakatnya bahkan saat dia baru berumur 5 tahun. Legenda Portugal Eusebio sangat tertarik dengan bakat Rui Costa kecil. Costa adalah penentu kemenangan timnas Portugal U-21 yang berhasil memenangkan Piala Dunia U-21 di tahun 1991.

Karirnya di Italia dimulai setelah 3 musim lamanya dia bermain untuk Benfica, dia memutuskan pindah setelah Benfica harus mengalami krisis keuangan. Tawaran datang dari Fiorentina, dia diboyong dengan mahar sebesar 6 juta eruro kala itu.

Di Fiorentina inilah dirinya menjelma menjadi salah satu playmaker terbaik di dunia. Dia menghabiskan  hampir 7 musim lamanya bersama La Viola. Hampir setiap musim kala itu, rumor kepindahan Rui Costa ke klub lain selalu menjadi pembicaraan hangat di bursa transfer. Tapi pada akhirnya dia memutuskan pergi dari Fiorentina 1 tahun sebelum kebangkrutan tim asal kota Florence itu. Di Fiorentina dia berhasil mendapatkan 2 kali gelar Copa Italia dan 1 kali Super Copa Italia.

Musim 2000-2001 adalah musim dimana dia pertama kali pindah ke AC Milan. Fatih Terim yang kala itu menjadi pelatih Milan berhasil meyakinkan manajemen AC Milan untuk memboyong Rui Costa dengan biaya transfer yang begitu besar. Rui Costa di bandrol seharga sekitar 44 juta euro saat itu. Rui Costa juga tercatat menjadi pemain dengan transfer termahal AC Milan sepanjang masa.

Di AC Milan dia mencapai puncak karirnya, hampir semua gelar dia raih saat bermain di San Siro. di musim 2002-2003 dia berhasil memenangkan Liga Champion bersama AC Milan kala itu. Selama karirnya di Milan dia meraih 1 Scudetto, 1 Copa Italia, 1 Supercoppa, 1 kali UEFA Super Cup dan 1 Intercontinental Cup.

Rui Costa Sang Generasi Emas

Karirnya mulai meredup dengan kedatangan gelandang muda baru dari Brazil kala itu, Kaka. Satu tahun sebelum Kaka menjadi pemain terbik dunia, Rui Costa memilih untuk pulang ke kampung halamanya bersama tim masa mudanya Benfica. Tanggal 11 Mei 2008 menjadi hari terahir kalinya dia bermain di lapangan hijau.

Sampai akhir karirnya di sepak bola dia membuktikan bahwa memang dia berasal dari generasi emas Portugal bersama Luis Figo dkk. Rui Costa sang generasi emas yang berjaya di Italia.

Facebook Comments

You may also like

Live Streaming Lazio vs Inter Milan

AC Milan bakal menjamu tamunya Fiorentina dalam pekan