Persib Bandung Mulai “Berevolusi” Menuju Klub Berlabel Bintang

Persib Bandung Mulai “Berevolusi” Menuju Klub Berlabel Bintang

- in Indonesia, Sepakbola
176
foto :tribunews.com

Persib Bandung memang dikenal sebagai tim yang royal dalam mengeluarkan uang di setiap kompetisi yang dijalani. Namun nampaknya uang bukan segalanya bagi sebuah tim untuk menjadi Juara. Perlu banyak faktor pendamping untuk menjadi booster dalam meraih sebuah gelar.

Musim lalu adalah contoh nyata bagi Persib, mendatangkan beberapa Marquee Player dengan harapan bisa merajai Liga Indonesia, pada kenyataanya jutaan Bobotoh dibuat kecewa dengan hasil Persib musim lalu.

Bahkan Persib nyaris mempunyai hitung-hitungan dengan tim penghuni zona degradasi. Persib kala itu bisa saja degradasi jika terus tidak bisa keluar dari periode buruk mereka dalam beberapa pertandingan.

Kini menatap musim baru, banyak terobosan yang dilakukan oleh manajemn Persib, termasuk mendatangkan pelatih kawakan Mario Gomez. Gomez yang sudah malang melintang di kancah Asia dianggap menjadi sebuah garansi untuk meraih gelar juara.

Namun bukan hanya faktor teknis dan taktis untuk memenangkan gelar juara di Liga Indonesia. Banyak sisi gelap sepak bola Indonesia yang juga harus ditempuh Persib dalam mengarungi di setiap kompetisi. Mario Gomez harus sadar betul soal ini.

Gebrakan bagus Persib tahun ini adalah tentang pembangunan pembinaan usia dini. Persib yang mempunyai hubungan erat dengan raksasa Italia Inter Milan menjalin kerja sama soal pembangunan Akademi sepak bola. Persib Bandung nampak mulai sadar bahwa membangun tim kuat tidak bisa selalu harus instan di setiap awal kompetisi dan harus menghabiskan banya uang untuk mendatangkan pemain bintang.

Di kemudian hari bisa saja Persib akan menghemat banyak uang dengan menggunakan banyak pemain dari hasil binaanya sendiri.

Sebuah konstruksi yang tepat dalam membangun sepak bola. Persib Bandung harus menjadi contoh bagi tim Indonesia lainnya dalam usahanya membangun sepak bola Indonesia.

Kini Persib mulai berevolusi dari tim bertabur bintang menuju Klub Berlabel Bintang. Karena tim sepak bola dan klub sepak bola adalah dua hal yang sangat berbeda di era industi sepak bola sekarang ini.

 

Facebook Comments

You may also like

Live Streaming Timnas U-19 vs Persis Solo

Malam ini timnas u 19 akan melawan Persis